Awas! Inilah Kombinasi Makanan-Minuman yang Harus Anda Hindari

loading...




Makan merupakan kebutuhan alamiah manusia, namun tak bisa dipungkiri banyak penyakit juga bersumber dari makanan. Tidak selalu karena kandungan makanan tersebut, namun karena dikombinasikan, maka ia menjadi sumber penyakit yang mematikan. Apa saja?

Makanan berminyak dan minuman dingin
Makanan yang mengandung minyak biasanya memang nikmat, apalagi ditambah segelas minuman dingin dalam beragam jenisnya. Namun tahukah anda bila ini bisa memicu beragam penyakit dalam tubuh? Seperti halnya ketika kita menyatukan minyak, apalagi minyak yang dihasilkan daging, ketika bertemu cairan dingin maka akan membuat minyak tersebut menggumpal.



Jika itu masuk ke dalam tubuh, maka akan menimbulkan berbagai masalah, mulai dari yang sederhana yaitu sakit tenggorokan, sampai penyakit jantung. Makanan berminyak yang masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan minuman dingin akan menyebabkan gumpalan di usus dan tenggorokan. Seperti yang kita tahu, bahwa minuman fungsinya adalah membantu makanan sampai pada pencernaan. Sehingga kerap kali makanan yang tersangkut di tenggorokan yang membuat kita tersendat, kita minum untuk memperlancar.

Makanan yang mengandung minyak yang didorong oleh minuman dingin akan meninggalkan gumpalan di tenggorokan. Bahayanya, tenggorokan juga dilewati oksiken yang dihirup ke paru-paru untuk memacu detak jantung. Jika sampai gumpalan tersebut terbawa ke jantung, ini bisa berbahaya. Untuk itu, jika ingin mengkonsumsi minuman dingin, upayakan setelah jeda beberapa jam, jangan langsung, apalagi jika makanan tersebut mengandung minyak.


Kopi dan Rokok
Ngopi sambil merokok tentu sangat nikmat sekali. Tapi tahukah anda jika ada bahaya mengintai jika mengkonsumsi keduanya dalam waktu bersamaan. Kopi yang mengandung cafein, sementara rokok mengandung nikotin, keduanya bisa memberikan efek ketagihan, atau adiksi. Selain itu, karena keduanya masuk secara bersamaan ke dalam tubuh, bisa memicu beragam penyakit. Efek langsung salah satunya jantung berdebar lebih cepat. Efek panjangnya bisa menyebabkan gagal jantung sampai stroke.

Nasi dan Mie Instan
Nasi dan mi instan sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat merupakan sumber utama dalam tubuh, yang bisa menyuplai zat gula. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan resiko obesitas karena penumpukan lemak, diabetes tipe 2, kanker sampai tekanan darah tinggi.


Efek langsung yang sederhana yaitu seringnya sembelit. Jadi jika anda sering sembelit, itu menunjukkan terlalu banyak porsi karbohidrat yang masuk ke tubuh. Imbangi dengan serat, seperti sayuran dan buah untuk mengatasi sembelit. Sebelum terjadi efek yang lebih besar, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi karbohodrat yang berlebih mulai saat ini. (senggangid)

Penulis : Felissa
Editor : Falasifa
loading...

Post a Comment

0 Comments