Tidur Siang, Justru Tidak Baik

loading...




Tidur siang sepertinya menjadi rutinitas sebagian orang, terutama anak sekolah usia dasar, dengan harapan tidak mengantuk untuk belajar di malam hari. Kebiasaan sejak kecil itu kadang kala juga terus dilakukan sampai usia dewasa. Namun tahukah anda bahwa tidur siang sebenarnya tidak begitu baik, dan bisa mengurangi kualitas tidur.

Mengantuk di siang hari umum dirasakan sebagian besar orang, mengingat cuaca yang panas ditambah tubuh yang sudah lelah karena aktivitas di pagi hari. Namun untuk mengatasinya tidak selalu harus dengan tidur, ada banyak alternatif untuk melepas kantuk dan lelah di siang hari, seperti peregangan ringan.

Sebagaimana anjuran para ahli kesehatan, waktu yang harus dihindari untuk tidur adalah pagi hari, terutama sebelum jam 10. Karena itu adalah masa dimana tubuh, terutama otak disuplai oleh oksigen. Selain itu, sinar mentari pagi hari juga baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin D.

Para ahli mengatakan bahwa tidur siang tidak sepenuhnya salah juga, terutama untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Tidur adalah waktu yang baik untuk perkembangan tubuh, namun bagi mereka yang sudah berusia diatas 22 tahun, tidur siang sebaiknya dihindari, atau dikurangi durasinya. 10 sampai 30 menit cukup untuk menyegarkan kembali.


Karena tidur yang berkualitas adalah tidur dalam satu waktu. Idealnya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah 6-8 jam per hari, itu sebaiknya dilakukan satu waktu. Tidak dibagi, seperti siang 2 jam, malam 4 atau 6 jam. Apalagi jika dibagi dalam beberapa waktu, itu membuat tidur kurang maksimal.

Tidur siang membuat rasa kantuk di malam hari menjadi berkurang, sehingga bisa tidur larut malam, ini justru tidak sehat. Betapapun mengantuknya di siang hari, upayakan tidak tidur siang, dan biarkan rasa capek itu menumpuk di malam harinya, sehingga tubuh bisa istirahat lebih maksimal dan lebih nyenyak. Istirahat dalam keadaan sangat lelah biasanya membuat tidur lebih nyenyak.

Namun jika justru berlaku sebaliknya, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur. Tidur yang maksimal adalah 6-8 jam dalam satu waktu. Katakanlah tidur jam 9 malam, bangun jam 5 pagi, atau sebelum itu. Jika anda hanya butuh 6 jam agar tubuh kembali fit, anda bisa bangun jam 3 pagi. (senggangID)


Penulis : Fellisa
Editor : Atha’

loading...

Post a Comment

0 Comments