Tidak Pernah Lagi Mimpi Basah, Sehatkah?

loading...




Kaum pria biasanya memiliki siklus mimpi basah yang rutin, sekitar 2-3 kali dalam sebulan. Itu sangat alamiah, sebab produksi sperma yang menumpuk, yang pada akhirnya harus dikeluarkan. Uniknya, keluarnya sperma tersebut terjadi dengan cara bermimpi hal-hal yang bersifat intim, sampai kemudian sperma keluar seperti ngompol. Lalu bagaimana jika tidak pernah mimpi basah?

Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan kenapa seorang pria tidak lagi mimpi basah. Atau mungkin siklusnya berkurang. Pertama faktor regeneratif, dimana usia diatas 50 tahun memang mengalami pengurangan produksi sperma, dibanding usia-usia produktif. Kedua, karena intensitas keluar sperma yang melebihi siklus alami. Yang kedua ini sering terjadi.

Misalkan, ketika sudah menikah, biasanya suami istri intens melakukan hubungan badan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Sehingga sperma bisa tersalurkan, atau keluar tanpa perlu menunggu siklus alami berupa mimpi basah. Karena itulah siklus mimpi basah menjadi berkurang, bahkan tidak pernah lagi.

Selain itu, bisa juga karena faktor terlalu sering masturbasi atau onani. Misal saja, jika onani dilakukan sekali seminggu, maka siklus alami keluarnya sperma melalui mimpi basah sudah tergantikan oleh onani tersebut. Sehingga pria yang terlalu sering onani, biasanya sudah jarang sekali mimpi basah. Lantas apakah itu ada hubungannya dengan kesehatan?

Kematangan sperma terjadi sekitar 20 hari, namun biasanya kurang dari itu sudah keluar melalui mimpi basah. Artinya, mimpi basah tak berhubungan langsung dengan kesehatan. Tapi terlalu sering mengeluarkan sperma membuat proses pematangan sperma tidak berjalan maksimal, sebab belum sampai matang, sudah dikeluarkan. Untuk itulah kenapa jika sering onani, sperma menjadi lebih encer, berbeda dengan misalkan, onani 10 hari sekali.

Namun jika anda tidak pernah onani atau berhubungan badan, tapi jarang mimpi basah, sementara masih masuk usia produktif, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter. Karena mungkin ada hal-hal yang sedang terjadi pada organ seksual anda. Namun jika terlalu sering onani lalu jarang mimpi basah, itu hal yang wajar.

Penulis : Fellisa
Editor : Atha’
loading...

Post a Comment

0 Comments