Punya Badan Bagus Percaya Diri Makin Bertambah?

loading...


Banyak yang merasa kurang percaya diri karena bentuk tubuhnya yang kurang ideal, akhirnya ia memutuskan untuk menjalani fitnes ketat dan upaya membentuk tubuh. Suplemen tambahan pun dikonsumsi.

Namun yang jadi pertanyaan, kenapa secara psikologis punya badan bagus membuat tingkat percaya diri bertambah?

loading...
Ini kaitannya dengan stigma publik dan persepsi diri. Di kalangan perempuan, kurus dan tinggi itu lebih memesona. Ternyata di kalangan lelaki juga ada, berbadan atletis dan sixpack itu dianggap lebih macho.

Stigma sosial dan persepsi diri inilah yang memengaruhi tingkat percaya diri. Ada rasa minder dengan wajah, warna kulit, dan bentuk badan sendiri, yang dianggap bukan “bentuk ideal” yang terstigma dalam masyarakat atau dalam persepsi diri sendiri.

Stigma sosial diciptakan oleh banyak hal, salah satunya kampanye produk susu dan suplemen, kosmetik, dan sebagainya. Padahal apakah hal itu benar?

Saking kuatnya pengaruh itu, membuat persepsi publik pun terbawa, yang akhirnya menjadi stigma sosial. Lantas bagaimana dengan perempuan yang gendut, atau cowok yang tidak atletis? Tidak masalah.

Lingkungan akan sangat berpengaruh. Pada lingkungan yang benar, percaya diri dibangun oleh prestasi dan karya, bukan oleh bentuk tubuh.

Maka, cobalah untuk mencari komunitas dan lingkungan yang menghargai prestasi dan karyamu, ketimbang fokus pada bentuk tubuh. Sehingga rasa percaya dirimu dibangun dengan cara yang lebih substansial ketimbang hanya dari bentuk tubuh.

Psikologi.my.id

loading...

Post a Comment

0 Comments