Apakah Sosok Introvert Selalu Menyendiri?

loading...



Banyak yang mengira bahwa sosok introvert selalu menyendiri, tidak suka keramaian, dan cenderung pemalu. Padahal itu hanya bagian kecil saja dari karakter introvert.

Istilah introvert, ekstrovert dan ambivert pertama kali diperkenalkan oleh ilmuan psikologi bernama Carl Gustav Jung. Introvert adalah karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental, artinya dia lebih melihat ke dalam dirinya.

Sosok introvert cenderung perenung, kontemplatif, dan bisa menuntaskan banyak hal sendiri, terutama yang berkaitan dengan suatu karya yang menjadi keahliannya. Berbeda dengan ekstrovert.

loading...
Namun sosok introvert bukan berarti tak menyukai keramaian. Ia bisa saja aktif dalam suatu komunitas, punya geng, namun ia tak begitu aktif membuka perbincangan, kadang hanya merespon sekilas saja.

Satu sifat yang juga sangat melekat pada sosok introvert adalah, ia selalu menyimpan sesuatu, apalagi yang berkaitan dengan dirinya. Maka betapapun dekatnya kita dengan sosok introvert, pasti akan selalu ada hal “intim” yang tidak kita ketahui darinya.

Berbeda dengan sosok ekstrovert yang kadang harus banyak bercerita, apalagi yang berkaitan dengan beban hidup agar menjadi lebih ringan, sosok introvert bisa memendamnya sendiri. Meski yang lebih tepat bukan dipendam, melainkan diungkapkan dalam bentuk lain, seperti lewat karya seni.

Maka banyak sekali sosok penyair dan seniman yang adalah seorang introvert, namun bukan berarti mereka tercerabut dari dunia sosialnya kan?

Apakah kamu termasuk seorang introvert?
loading...

Post a Comment

0 Comments