Dua Jenis Kesepian Menurut John W. Santrock

loading...
Kesepian ternyata memiliki dimensi berbeda, setidaknya itulah yang ditulis oleh John W. Santrock, seorang Profesor dalam bidang Behavioral and Brain Sciences.

Dalam bukunya yang berjudul Life Span Development (perkembangan masa hidup) Ia membagi kesepian menjadi dua, yaitu kesepian emosional (emotional loneliness) dan kesepian sosial (social loneliness). Apa yang membedakan keduanya?

Kesepian emosional atau emotional loneliness adalah kesepian karena tidak adanya hubungan personal yang intim, salah satu yang sering terjadi adalah orang dewasa yang melajang, bercerai, ditinggal mati pasangan.

Sementara bentuk kesepian emosional di kalangan anak dan remaja adalah, tidak adanya sosok orang tua yang mengayomi, atau tidak adanya seorang sahabat yang benar-benar dekat dengannya.

Sementara kesepian sosial atau social loneliness, kesepian karena tidak adanya keterlibatan dalam masyarakat, kelompok, atau komunitas.

Kesepian sosial mencakup dua hal, yaitu seorang yang memang menjalani hidup individualis dan anti sosial, atau orang yang aktif dalam sebuah kelompok komunitas namun tak memiliki peran signifikan, tak ada keterlibatan dari sisi gagasan atau pengaruh.

Kesepian tersebut bisa membuat seseorang merasa terasing, dibuang, tak berguna, hingga muncul rasa bosan, cemas, dan takut yang tak terkontrol.

Pada level yang sangat parah, kesepian bisa memicu psikosomatik. Yaitu suatu sakit fisik yang akhibatkan pikiran, terutama pikiran negatif yang perlahan menggerus kesehatan mental yang berdampak pada kesehatan fisik.


loading...

Post a Comment

0 Comments