Waduh! Ternyata Pria Lebih Cepat Pikun Dibanding Perempuan

loading...


Tim Peneliti dari Universitas Pennsylvania pernah merilis sebuah penelitian tentang tingkat kepikunan antara pria dan wanita. Hasil yang mengejutkan ditunjukkan bahwa resiko kepikunan kaum pria tiga kali lebih besar dibandingkan perempuan.

Penelitian yang dilansir pada 1991 itu mengambil sampel sebanyak 34 pria dan 35 perempuan usia antara 18-80 tahun. Data menunjukkan, pria lebih cepat kehilangan sel-sel otak terutama yang berhubungan dengan bahasa, berpikir rasional, dan rasa bahagia.

Penelitian ini menggunakan teknologi magnetic resonance imaging (MRI) yang menghasilkan gambaran rinci mengenai otak sehat dari 69 peserta yang dijadikan penelitian.
Pada kaum pria, otak yang mengalami kemunduran adalah bagian kiri, yang mengontrol beberapa hal di atas. Berbeda dengan otak bagian kanan yang mengontrol penglihatan dan kemampuan khusus serta kreatifitas.

Prof. Ruben Gur, salah satu yang terlibat dalam penelitian menyatakan, bahwa penelitian tersebut membenarkan anggapan bahwa perempuan memang memiliki ingatan lebih tajam.

Pada intinya, antara pria dan perempuan sama-sama mengalami proses atrofi, yaitu kematian sel-sel otak. Hanya saja tingkat kematian sel otak pada kaum pria tiga kali lebih cepat dibandingkan perempuan.

Salah satu cara yang bisa ditempuh agar otak terus bekerja dan sel-sel terus aktif adalah dengan latihan otak, yang sederhana bisa dilakukan adalah membaca, menulis, mengisi teka-teki silang, bermain game, dan sebagainya. []

Sumber bacaan :
Buku "Memahami Otak" (2003) ditulis oleh tim Pusat Informasi Kompas (PIK) Penerbit buku Kompas.
loading...

Post a Comment

0 Comments