Ingat! Lari dan Menghindar Tak Akan Membuatmu Lebih Baik

loading...



Saat kamu diberi tanggung jawab, dan kamu tidak bisa menjalankannya entah karena alasan waktu atau alasan skill bahwa kamu belum cukup mumpuni melakukannya, lebih baik kamu utarakan sejak awal.

Jangan diam, lari dan menghindar. Jujurlah sejak awal. Jangan sungkan mengakui kekurangan yang kamu miliki, serta jangan terlalu menjaga image, seolah-olah sanggup namun ternyata kamu justru lebih sering lari dan menghindar.

Lari dan menghindar tak akan membuatmu lebih baik. itu justru akan menjadi tumpukan pikiran, yang membebani hidupmu sepanjang waktu dan di masa depan.

Lari dan menghindar juga membuatmu tak bisa memaafkan diri sendiri, alias semakin menguatkan sisi inferiority, rasa rendah diri, dan gagal yang berulang-ulang.

Ketika kamu mendapatkan sebuah tanggung jawab, entah dalam pekerjaan, komunitas, hingga kelompok masyarakat. Ukur sejauh mana kamu bisa mengembannya.

Jika kamu merasa tidak punya cukup waktu karena kesibukan, sampaikan itu agar ada solusi bersama atau sharing dengan mereka yang bisa membantumu.

Jika kamu merasa belum cukup mumpuni, tidak perlu juga langsung menolaknya. Kamu hanya perlu mengerjar ketertinggalanmu dan sebenarnya inilah kesempatan untuk meningkatkan kualitas dirimu.

Diam, lari, dan menghindar bukan cara yang baik. Tidak akan menyelesaikan masalah, dan tidak akan membuatmu lebih baik. Justru akan menjadi beban dalam hidupmu.

Kamu harus memiliki dedikasi pada tanggungjawab yang dipercayakan padamu. Sebuah kepercayaan itu mahal harganya. Saat orang lain yakin dan percaya padamu, jaga itu baik-baik.

Namun perlu diingat bahwa kamu juga manusia biasa yang memiliki keterbatasan. Kamu perlu sharing pada orang lain, kamu juga pasti akan membutuhkan bantuan orang lain.

Kamu juga perlu belajar dari mereka yang menurutmu bisa memberikan jalan keluar, atas apa yang ingin kamu kuasahi, atau setidaknya memberikan sentuhan pengalaman untuk memberi gambaran apa yang bisa kamu kerjakan.

loading...
Diam, lari dan menghindar tak akan membuatmu lebih baik. Sikap jujur, terbuka, mengakui kekurang diri, sikap ingin terus belajar adalah sisi baik yang harus dipertahankan.

loading...

Post a Comment

0 Comments