Dampak Positif Memiliki Diary

loading...


Apakah kamu memiliki diary? Apakah kamu terbiasa membuat catatan harian terkait apa yang kamu jalani setiap harinya?

Kebiasaan itu ternyata punya dampak psikologis yang sangat baik, terutama dalam rangka memahami diri sendiri atau self-knowledge.

Saat kamu menulis diary, sebenarnya kamu sedang mengevaluasi dirimu sendiri. Apa yang terjadi hari ini, hal baru apa yang sudah kamu lakukan? secara tak langsung kamu akan mengetahui sejauh mana progress hidupmu.

Self-knowledge adalah hal yang sangat penting, sebab kamu bisa track dirimu sendiri, serta apa yang terjadi dengan dirimu saat sedih atau bahagia. Momentum apa saja yang terjadi dalam hidupmu sejauh ini?

Self-knowledge membuat kamu lebih memahami emosimu sendiri. Memahami emosi sendiri membuat kita bisa mengontrol kecemasan.

Seringkali orang merasa cemas dan takut karena tak memahami dirinya sendiri, tak mengetahui apa yang menyebabkan itu semua.

Saat kamu memiliki diary, kamu bisa track peristiwa apa saja yang terjadi dalam hidup. Tentu ada banyak faktor kan?

Momentum saat kamu sedih, dan hal-hal yang menyebabkan kesedihan itu terjadi. Juga momentum saat kamu bahagia, dan hal yang menyebabkannya.

Beragam peristiwa dalam hidup itulah yang akan mempengaruhi emosi, apalagi terkait peristiwa traumatik yang mungkin terjadi.

Saat kamu punya diary, dan membutuhkan penanganan psikologis, psikolog pun akan lebih mudah track kehidupanmu dan menemukan solusinya segera.

loading...
Namun mereka yang memiliki self-knowledge, umumnya bisa lebih baik menangani emosinya sendiri.

Sebab ketika self-knowledge kita rendah dan tak memahami emosi sendiri, kita akan sering mengalami moodswing atau mood yang mudah berganti. Mood swing membuat kita sulit konsisten dalam menjalani suatu hal.

Lebih buruk lagi, bisa mengalami bipolar disorder, yaitu suasana hati yang sangat labil. Kadang bisa sangat bahagia, kadang bisa sangat sedih. Kadang terlihat sangat penyabar, namun ketika marah akan sulit terkontrol.

Hal itu terjadi karena self-knowledge yang rendah. Rutin menulis diary adalah salah satu cara meningkatkan self-knowledge tersebut.

Psikologi.my.id
loading...

Post a Comment

0 Comments