Kenapa Sulit Melupakan Mantan?

loading...


Apakah kamu termasuk sulit melupakan mantan? Padahal jelas-jelas kalian sudah berpisah dan ada banyak alasan kenapa pada akhirnya kalian tak lagi bersama. Namun ingatan tentangnya sangat kuat.

Hal ini menunjukkan bahwa ada perasaan yang belum tuntas, atau post relationship syndrome. Dalam hubungan percintaan, bisa karena 2 faktor :

Pertama, kamu telah berbuat salah selama menjalin hubungan, karena kesalahanmu itulah pada akhirnya kalian putus. Terlebih ketika kamu yang memutuskannya.

Meskipun ada banyak dalih atau alasan kenapa kalian putus, tetap saja ada sisi kesadaran bahwa kamu yang salah, itulah yang membuat kamu sulit melupakan mantan.

Kedua, bisa jadi perlakuannya yang spesial. Mantan yang cerewet, perhatian, dan unik memang sulit dilupakan. Ia nampak menggemaskan, menjengkelkan sekaligus ngangenin.

Saat kamu akhirnya putus dan mendapatkan gantinya, penggantinya tak bisa menyamai sikap mantanmu. Karakter masing-masing orang berbeda dan tragisnya kamu lebih suka karakter si mantan.

Lalu bagaimana mengatasinya?

Jika kamu sulit melupakan karena faktor pertama, maka mulailah minta maaf. Minta maaf tidak akan membuatmu terlihat rendah, justru itu lebih baik buatmu karena akhirnya kamu benar-benar bisa melepaskan masa lalu yang masih mengganjal.

Jika kamu sulit melupakan karena faktor kedua, yakinlah bahwa setiap orang punya keunikan. Kamu terlalu fokus pada keunikan mantanmu sampai lupa mengulik keunikan kekasihmu. Setiap orang terlahir dengan keunikannya bukan?

Saatnya kamu membuang post relationship syndrome, agar tidak terus menghantui hidupmu tentang si mantan.

Psikologi.my.id
loading...

Post a Comment

0 Comments