4 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Bagikan di Sosial Media

loading...
Sosial media menjadi ruang terbuka untuk siapapun membagikan cerita hidupnya, termasuk 4 hal yang sebaiknya tidak dibagikan di sosial media.

Apalagi, sosial media kerap kali dijadikan dasar penilaian baik saat seseorang sedang melamar kerja hingga penilaian pertemanan.

Nah, apa saja sih 4 hal yang sebaiknya tidak perlu dibagikan di sosial media?

Pertama, gambar/foto orang kecelakaan/ meninggal

Ya. Jika kamu melihat ada kecelakaan, usahakan tidak perlu memfoto korban. Atau kalau harus melakukan itu untuk kepentingan informasi, cukup foto identitasnya (tentu dengan menyamarkan NIK atau angka-angka penting lainnya).

Identitas juga bisa berupa hal lain yang identik dengan korban, misal jenis kendaraan, model tas, helm dlsb. Jadi tak selalu foto wajahnya kan?

Menyebarkan foto korban akan sangat mempengaruhi mentalnya, apalagi jika korban mengalami trauma.

Ketika suatu saat si korban melihat foto itu, meski kondisinya sudah membaik, bisa saja dia mengalami tekanan. Belum lagi ketika ia tahu jika fotonya menyebar ke banyak saluran informasi di sosial media.

Jika korban meninggal, perasaan sedih dan traumatik juga akan dialami pihak keluarga. Jadi stop posting foto korban mulai sekarang ya.

Kedua, dokumen penting yang bersifat rahasia

loading...
Ya, kadang-kadang demi ingin membagikan sebuah pencapaian orang mengunggah dokumen penting yang harusnya tidak untuk publik.

Apalagi terlihat jelas identitas, nomor-nomor penting dan lain sebagainya. Kita tidak pernah tau, apakah lewat foto itu bisa membuat pihak tak bertanggung jawab melakukan pemalsuan?

Jadi tetap waspada ya.

Ketiga, problem keluarga

Ada masalah dengan keluarga? Selesaikan di dunia nyata. Please, jangan unggah di sosial media. Itu tidak akan membuat keadaan lebih baik lho.

Justru kamu dianggap tidak mengerti mana ruang internal dan mana yang harusnya untuk konsumsi publik.

Keempat, playing victim

Merasa diri didholimi, diperlakukan tidak adil, menganggap orang lain salah dan kita yang selalu benar? Stop! Berhenti melakukan itu, karena kamu justru akan dijauhi teman-temanmu.

Betapapun perasaan di atas kamu alami, coba kamu tahan, tetap stay cool. Jangan sampai diumbar apalagi sampai menyindir dan mengumpat secara tak langsung.

Oke, itu dia 4 hal yang sebaiknya tidak kamu bagikan ke sosial media demi kebaikan sendiri dan demi rasa kemanusiaan.



loading...

Post a Comment

0 Comments