4 Kekayaan Menurut James Clear, Bukan Hanya Uang dan Harta

loading...

James Clear, seorang eseis terkemuka dan juga penulis buku Atomic Habits menjelaskan tentang 4 jenis kekayaan yang dimiliki manusia.

Teori James Clear ini menjadi penting karena selama ini manusia menganggap jika kekayaan itu berkaitan dengan uang atau harta. Ia menguraikan lebih luas tentang arti kekayaan dan itu menjadi quote terkenal di mana-mana.

Berikut 4 jenis kekayaan menurut James Clear yang coba dinarasikan oleh tim MyPsikologi. Apa saja?

Pertama, kekayaan finansial.

Ya, kaya secara finansial adalah salah satu hal penting yang perlu diwujudkan. Karena finansial yang cukup membuat kebutuhan hidup terpenuhi. Kebutuhan yang terpenuhi membuat hidup lebih nyaman.

Namun James Clear memberi catatan kritis pada aspek ini. Menurutnya, harus ada orientasi yang jelas untuk apa memiliki kekayaan finansial?

Kedua, kekayaan sosial.

Kekayaan sosial artinya memiliki peran dan posisi strategis di masyarakat. Bisa melalui jabatan publik, atau pengaruh secara sosial karena kapasitas dirinya.

Mereka yang punya jabatan publik misalnya, memiliki peran lebih besar menentukan kebijakan. Bahkan kebijakan yang mengikat pada orang-orang kaya sekalipun.

Begitupun dengan mereka yang punya pengaruh karena kapasitasnya diakui, mereka punya kemampuan untuk menciptakan perubahan tanpa perlu mengeluarkan finansial.

Ketiga, kekayaan waktu.

Kaya secara finansial dan kaya secara sosial kadang menciptakan suatu keterikatan. Waktu untuk berkumpul dengan keluarga, menjenguk orang tua misalnya, menjadi minim.

Sementara itu, ada sekelompok orang yang belum memiliki dua kekayaan di atas namun punya kekayaan waktu (timeless).

Sementara, mereka yang sudah berhasil membangun kekayaan pertama dan kedua, akhirnya mendapatkan kekayaan ketiga ketika sistem yang mereka persiapkan sudah berjalan.

Artinya, kekayaan waktu itu penting juga. Apalah artinya punya banyak uang dan status sosial tinggi namun tubuh harus bekerja secara mekanik tanpa adanya kebebasan.

Keempat, kekayaan fisik.

Sehat itu penting, dan orang sehat itu kaya. Ini jarang disadari. Rezeki tidak hanya bersifat materi, namun juga non materi.

Maka saat kita masih bisa menikmati makanan, masih bisa bepergian ke mana-mana, masih bisa menikmati hidup karena fisik yang sehat. Itu juga sebuah kekayaan.

Karena betapa banyak orang kaya yang harus mengalami masalah kesehatan, atau pejabat publik yang saking padat jadwalnya hingga lupa menjaga kesehatan ; kurang tidur, pola makan tak teratur dan sebagainya.
###

Dari uraian di atas, kekayaan paripurna menurut James Clear adalah ketika seseorang memiliki 4 kekayaan di atas.

Karena seringkali, manusia mengejar kekayaan nomor 1 dan 2, namun kehilangan kekayaan nomor 3 dan 4.

Bagaimana denganmu? Boleh komentar di bawah.
loading...

Post a Comment

0 Comments