Manusia Butuh Dihargai, Dia Perlu Ruang Apresiasi

loading...
Kali ini kita akan mengulik teori kebutuhan dari Abraham Maslow. Teori ini sangat terkenal dan dibahas dalam banyak forum, namun secara spesifik kita akan membahas poin keempat tentang penghargaan.

Sebagaimana yang kita ketahui, ada 5 kebutuhan yang harus dipenuhi ketika manusia ingin berkembang.

Kebutuhan pertama adalah kebutuhan fisiologis seperti makan, minum, tidur, olahraga, dan sejenisnya.

Kebutuhan kedua, adalah rasa aman. Hidup dalam stabilitas ekonomi yang baik, tidak ada ancaman atau perasaan insecure.

Kebutuhan ketiga, adalah kebutuhan sosial yang berkaitan dengan relasi, keluarga, organisasi/komunitas dan kerja sama dengan orang lain.

Kebutuhan keempat adalah penghargaan yang meliputi reputasi, karir, status, tanggung jawab dan sebagainya.

Kebutuhan kelima, adalah aktualisasi diri. Manusia butuh ruang untuk mengaktualisasikan kemampuan dirinya.
Merasa dihargai

Penghargaan sangat penting bagi manusia, bahkan itu masuk kebutuhan yang harus dipenuhi.

Penghargaan tidak harus bersifat formal seperti plakat dari institusi atau piagam karena ikut perlombaan, penghargaan bisa dalam bentuk apresiasi atau sekadar pengakuan.

Dengan dihargai, manusia merasa dirinya punya nilai, ada pencapaian hidup ke arah yang lebih baik. Ini membuat semangat hidup dan produktifitasnya bertambah sehingga ia makin berkembang.

Kenapa tidak dihargai?

Mereka yang hidup dalam suasana minim penghargaan, biasanya merasa inferior/rendah diri, tidak produktif dan selalu gagal karena rendahnya motivasi diri.

Padahal, masing-masing orang memiliki potensi, ide, gagasan, hanya saja itu kurang mendapat penghargaan. Itu membuatnya merasa semakin tak berguna.

Ada beberapa alasan kenapa mereka tak mendapatkan penghargaan dari orang lain.

Pertama, lingkungan yang tidak memahami. Kamu harus ingat bahwa sehebat apapun pencapaianmu, ketika orang sekitar tak memahami, penghargaan itu tak akan didapat.

Kamu perlu memperluas pergaulan agar menemukan komunitas yang bisa menghargai karya, pencapaian atau potensimu.

Kedua, biasanya karena attitude. Sehebat apapun orang, tanpa adanya attitude yang baik, tidak akan dapat penghargaan yang layak.

Mau pindah ke komunitas manapun, dengan attitude yang buruk tetap orang lain akan sulit menghargai.

Attitude yang buruk itu seperti selfish/memikirkan eksistensi diri sendiri, tidak bertanggung jawab ketika diberi amanah, hingga pola komunikasi yang buruk.

Membangun hubungan ketersalingan

Karena penghargaan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, maka membangun hubungan ketersalingan itu sangat penting. Apa itu?

Kita menyadari bahwa masing-masing orang punya potensi untuk berkembang, kita menghargai sekecil apapun dedikasi dan pencapaian seseorang.

Kita membangun relasi saling menghargai satu sama lain dan memberi masukan yang produktif. Sehingga bisa terbangun suasana yang penuh apresiasi. Dengan suasana yang baik ini, maka manusia akan lebih cepat tumbuh dan berkembang.
loading...

Post a Comment

1 Comments