Moodswing dan Sulit Konsentrasi? Mungkin Kamu Kurang Minum Air Putih

loading...


Banyak yang lupa jika kondisi psikis seseorang juga erat dipengaruhi oleh faktor fisiologis. Misalnya kekurangan asupan pada tubuh.

Salah satu yang paling sering dialami para remaja generasi milenial dan z adalah moodswing dan sulit konsentrasi. Bahkan dua generasi tersebut dianggap terlalu ekstrem berpindah pada satu bidang ke bidang lain, dengan kata lain kurang konsisten.

Dua generasi yang dianggap sering mengalami moodswing atau mood yang berubah-ubah. Selain faktor pilihan yang semakin banyak dan akses yang mudah, hal itu bisa saja terjadi karena kurang minum air putih.

Kita tahu, generasi Z terutama, adalah generasi yang dimudahkan oleh perkembangan teknologi informasi. Gaya hidup di era digital yang membuat tubuh kurang gerak karena banyak aktivitas bisa diselesaikan lewat ponsel pintar.

Kurangnya aktivitas fisik juga membuat keinginan untuk minum berkurang, padahal 3/4 tubuh manusia berisi air. Artinya tubuh sangat membutuhkan air putih.

Kondisi ini sedikit berbeda dengan generasi milenial yang di masa kecilnya masih memiliki aktivitas fisik (kinestetik) yang intens.

Kurang air putih menyebabkan sulit konsentrasi karena aliran darah yang melambat akibat terjadinya dehidrasi kronis.

Dampak ini bahkan telah terbukti pada sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Pada penelitian tersebut, para peserta diminta untuk melakukan aktivitas di pekarangan selama dua jam tanpa minum. Ternyata banyak sekali yang membuat kesalahan karena sulit konsentrasi.

Selain itu air juga berperan menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, jika kekurangan air putih biasanya jadi lemas, ngantuk dan sering menguap. Ini membuat generasi sekarang mengenal istilah mager (males gerak).

loading...
Dengan kondisi itu tentu konsentrasi sulit, apalagi ketika sedang menggeluti suatu bidang tertentu. Merasa tidak kompeten akhirnya memutuskan berhenti, padahal sebelumnya sangat menggebu-gebu, itulah bagian dari moodswing.

Jadi, sebelum lebih jauh membahas faktor psikis kenapa kalian moodswing dan sulit konsentrasi? Mungkin perlu dipikirkan, apakah sudah cukup minum air putih?

Minum air putih dan olahraga teratur

Para ahli merekomendasikan minum 2,5 liter air putih setiap hari. Plus olahraga. Tidak harus berat, cukup yang ringan namun intens, seperti angkat beban, lari di tempat, atau jogging yang membuat tubuh bergerak dan berkeringat.

Dua hal itu bisa dibiasakan untuk kalian yang merasa sering mengalami moodswing dan sulit konsentrasi. Simpel sekali bukan? Selamat mencoba.

Psikologi.my.id



loading...

Post a Comment

0 Comments