Semua Bermula dari Pikiran dan Cara Pandang

loading...

Henry Murray, pakar fisiologi asal New York, USA, memiliki sebuah slogan terkenal yang berbunyi no brain no personality. Ia memiliki suatu gagasan bahwa kepribadian sangat tergantung pada otak (brain).

Ia menyebutnya regnant, bahwa peran otak adalah mengontrol dan memroses semua aspek kepribadian mulai dari perasaan, kesadaran, ingatan, keyakinan, sikap, ketakutan, nilai-nilai, dan lainnya.

Namun ia menekankan bahwa apa yang ada dalam otak juga dipengaruhi oleh banyak hal, apalagi sampai memengaruhi kepribadian. Lingkungan, pengalaman masa lalu, ketidaksadaran dan kesadaran adalah bagian yang memengaruhinya.

Dalam menilai seseorang penting untuk memahaminya secara holistik, keseluruhan direksionalitas mulai dari orientasi dan aktivitas yang bersifat internal (dalam pikiran) maupun eksternal (dalam tindakannya).

Berbeda antara ucapan dan tindakan

Biasanya, pikiran disampaikan lewat ucapan. Namun tindakannya bisa berbeda. Kepribadian ini sering kita sebut dengan inkonsisten, ambivalen hingga munafik.

Ucapan dan tindakan yang berbeda sangat berkaitan dengan orientasi hidupnya. Dalam pikirannya ia menyimpan dua hal yang berbeda antara yang akan diucapkan dengan yang akan dilakukan.

Apa yang terjadi pada otak?

Murray termasuk yang percaya jika otak pusat segalanya. Mungkin karena keilmuannya berlatar belakang fisiologi, sehingga ia menyebut perilaku psikologi sangat dipengaruhi oleh fisiologis.

Murray sendiri tumbuh dalam kondisi yang kurang menguntungkan sekalipun dari keluarga bangsawan. Ia kemudian menjadikan olahraga sepak bola dan tinju untuk melawan jiwa inferiornya yang sudah muncul sejak kecil.

Ada banyak hal yang direspon oleh otak mulai dari kondisi keluarga, lingkungan, pendidikan hingga pengalaman. Hal itulah yang memengaruhi kepribadiannya kelak, namun otak juga bisa merespon positif maupun negatif, bukan?

Kenapa seseorang merasa dirinya inferior/rendah diri, begitupun bagaimana seseorang tetap survive dan memiliki semangat hidup yang tinggi? Semua berawal dari pikiran dan cara pandang yang memengaruhinya.

loading...

Post a Comment

0 Comments