3 Sikap yang Bisa Bikin Kamu Kehilangan Kepercayaan dari Orang Lain

loading...
MyPsikologi - Dalam hubungan sosial, kepercayaan sangat penting dimiliki oleh siapapun yang ingin memiliki relasi baik.

Relasi yang baik bertujuan untuk meminimalisir konflik, mengembangkan bisnis hingga kerjasama dalam berbagai kegiatan sosial.

Karenanya, kita sebagai individu, harus bisa dipercaya dan orang lain percaya dengan kita. Kepercayaan sangat penting untuk dijaga.

Namun, kepercayaan dari orang lain bisa saja hilang karena 3 sikap ini. Apa saja itu?

Pertama, tidak bertanggung jawab dengan tugas

Ketika kamu mendapatkan suatu tugas, baik di organisasi, tempat kerja hingga kelompok kecil seperti kelompok belajar di sekolah/perkuliahan, dan kamu tidak menjalankan tanggung jawab itu dengan maksimal, maka kecil kemungkinan mereka akan percaya padamu kemudian.

Terlebih, jika kamu lari dari tanggung jawab, no respon, dan sama sekali tak menunaikannya. Bisa jadi kamu akan kehilangan pekerjaan, dan lebih parah lagi sebenarnya kamu bisa kehilangan kepercayaan.

Jadi, jika mendapatkan tanggung jawab, laksanakan sebaik yang kamu bisa. Jika dirasa ada hal sulit, sharingkan ke partner. Bertanya karena tidak tau lebih baik daripada diam-diam namun tak dikerjakan.

Jika kamu lepas tanggung jawab lebih dari 3 kali, selain kamu akan merasa rendah diri atau mental block, kamu akan sulit diterima di banyak tempat karena dianggap kurang bisa bertanggung jawab.

Citramu akan semakin buruk dan itu justru akan semakin menjatuhkan mentalmu lho.

Kedua, sering memanfaatkan orang lain untuk kepentingan diri sendiri

Ada adagium : jangan menginjak orang lain agar terlihat tinggi. Maknanya sangat luas, dan ketika ada yang melakukan ini, pasti ia akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Kenapa?

Misal, dalam suatu lembaga ada pihak-pihak yang bekerja sangat keras namun peran mereka dimanfaatkan oleh oknum untuk menaikkan dirinya, memperkaya relasinya sendiri padahal kiprahnya tidak begitu dominan.

Mungkin kalian pernah menemui ketika ada pihak-pihak yang sangat menyanjung si A, padahal kalian tahu kalau si A tak punya peran dominan bahkan tak layak disanjung demikian karena dia tak berbuat banyak.

Jika ada yang demikian, mungkin sekilas mereka terlihat menang, terlihat banyak relasi, namun itu tak akan bertahan lama kok. Sebab ya sebenarnya dia hanya "memanfaatkan skill orang lain" untuk menopang citranya, dia sendiri tak begitu kompeten.

Atau mungkin dia punya kompetensi namun sudah kehilangan kepercayaan karena suka memanfaatkan orang lain, lembaga atau situasi.

Jadi, jangan sekali-kali berpikir akan bersikap seperti ini ya?

Ketiga, sering berbohong atau memanipulasi fakta

Kalau anak kecil, kebohongannya masih polos dan bisa dilihat sekilas. Kalau orang dewasa, kadang kebohongannya sudah berupa manipulasi fakta.

Ya, saking hebatnya berbohong kadang kita percaya, namun setelah melihat fakta ternyata sangat jauh berbeda.

Itulah yang membuat seseorang perlahan-lahan kehilangan kepercayaan. Karena apa yang disampaikan tidak sesuai dengan fakta.

Nah, jadi jangan punya 3 sikap di atas ya gans. Jalinlah relasi yang baik dengan orang lain.
loading...

Post a Comment

0 Comments